Wednesday, August 16, 2017

Kalau Tidak Becus Bikin Kerajinan Tangan, Tidak Usah Berlagak Becus!

Kalau anda tidak becus bikin kerajinan tangan, anda tidak usah berlagak becus membuatnya! Anda pikir kalau anda memakai foto-foto tutorial karya saya dan milik saya lalu otomatis foto-foto itu menjadi milik anda dan menjadi karya anda? Tidak! Bagaimana pun juga tutorial itu adalah tetap hasil usaha saya sendiri dalam membuatnya. Apa susahnya sih untuk menghargai karya orang lain dengan cara tidak mengcopy-paste ke blog/website lain. Kalau anda tidak bisa membuat kerajinan tangan ya tidak usah sok berlagak bisa bikin tutorial kerajinan tangan tapi akhirnya malah nyolong tutorial karya orang lain. Perbuatan kalian (para tukang copas) telah merugikan saya, karena blog saya sendiri menjadi hilang dalam pencarian google, dan sebaliknya justru blog para tukang copas yang muncul di pencarian google. Padahal para tukang copas ini tidak bersusah payah untuk membuat tutorial apapun juga, para tukang copas hanya duduk manis di depan komputer masing-masing lalu melakukan pencurian alias copy paste konten blog. Tidak sampai 30 menit pun selesai, apalagi kalau sudah terbiasa copas pasti jari-jarinya sudah lancar melakukan copy paste. Tidak sebanding dengan berapa banyak waktu, tenaga, dan pikiran yang saya gunakan untuk membuat sebuah konten original. Belum lagi saya juga harus mengeluarkan biaya untuk bahan baku membuat suatu karya kerajinan tangan. Saya tahu tutorial buatan saya memang bagus karena saya kerjakan dengan sungguh-sungguh dan karena bagus itulah makanya tutorial saya dicopas oleh tukang copas. Saya TIDAK bangga kalau tutorial saya dicopas, justru saya mengutuk para tukang copas tersebut karena perbuatan copy paste jelas sangat merugikan saya. Susah payah saya membuat tutorial dari nol hingga menjadi suatu karya yang indah dan bermanfaat, lalu membuat foto-fotonya, mengedit foto, dan kemudian menyusun tutorialnya hingga bisa dipelajari oleh orang-orang yang berkunjung ke blog saya. Ada proses panjang dalam membuat sebuah artikel berisi tutorial kerajinan tangan, bukan simsalabim langsung jadi! Saya juga harus mengeluarkan uang untuk membeli lem UHU, lem tembak, pita-pita, kain flanel, dan segala macam bahan lainnya yang diperlukan untuk membuat kerajinan tangan. Saya sampai menyisihkan uang saya demi untuk membeli bahan-bahan kerajinan tangan. Lalu ada proses mencari ide untuk membuat kerajinan tangan apa, ini juga memerlukan pemikiran yang bisa berhari-hari lamanya. Lalu setelah tutorialnya jadi dan diupload ke blog, bukannya dipelajari tutorial itu supaya mengerti dan bisa membuat sendiri kerajinan tangan yang syukur-syukur bisa lebih bagus dari karya saya tapi malah seenaknya saja dicopas! Inilah brengseknya kelakuan para tukang copas! Bikin karya sendiri tidak bisa, belajar nggak mau, tapi pengen punya blog tutorial, lalu akhirnya mereka (para tukang copas) melakukan pencurian konten blog dari mana-mana.
Terhitung sejak tanggal 15 Agustus 2017 saya telah memutuskan untuk tidak lagi membuat tutorial step by step, jadi untuk selanjutnya saya hanya akan menampilkan foto hasil akhir dari karya-karya saya dengan disertai keterangan sekedarnya saja tanpa dibuatkan tutorial step by stepnya. Percuma saya capek-capek membuat tutorial ternyata tidak dipelajari dan dipraktekkan tetapi cuma dicopas oleh para tukang copas. Berkunjung ke suatu blog bisa diibaratkan berkunjung atau bertamu ke rumah orang lain, lalu pantaskah bila tamu seenaknya saja mengambil barang-barang yang ada di rumah yang dikunjunginya itu tanpa ijin dari pemilik rumah? Tentu tidak pantas, sebab itu namanya mencuri. Begitu juga kalau anda mengunjungi blok milik orang lain, tentu tidak sepantasnya bila anda seenaknya saja mengambil (copas) konten blog orang lain tanpa seijin pemilik blog. Lagipula untuk tujuan apa anda melakukan copy paste? Untuk memamerkan ketidakbecusan anda dalam membuat konten original sendiri sehingga anda melakukan copy paste? Apa yang mau anda banggakan dari perbuatan copy paste anda? Tidak ada yang bisa dibanggakan dari perbuatan hina dina tersebut! Justru copy paste akan merugikan blog yang anda copas isinya dan otomatis anda juga merugikan pemilik blog yang sudah bersusah payah membuat artikel tutorial. Apa susahnya sih menghargai karya cipta orang lain dengan cara tidak mengcopasnya? Kalau anda tidak mampu menghasilkan karya sendiri, lebih baik jadi penikmat karya orang lain saja, tidak perlu ikut-ikutan menjadi blogger atau youtuber tapi bisanya cuma copas, copas, dan copas terus. Lalu karya anda sendiri mana?????
Kemarin (15/08/2017) saya menemukan salah satu tutorial saya ada disini. Foto-foto di video itu adalah foto-foto karya saya dan milik saya yang telah saya posting di blog saya disini pada tanggal 20 Desember 2012. Jelas dari tanggal postingnya kalau saya dulu yang pertama kali mengupload ke internet melalui blog saya! Berikut ini adalah bukti screenshot tutorial saya yang telah dicopas oleh Sindy Utami. Setelah saya melihat-lihat kumpulan video yang diupload ke youtube oleh Sindy Utami ternyata sangat banyak sekali dia membuat video tutorial dengan menggunakan foto-foto tutorial hasil nyolong dari mana-mana, salah satunya dia ambil dari blog saya.


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang relevan dan bukan komentar spam :)