Friday, May 29, 2015

Apa Sih Tongcai?


Mungkin di antara anda banyak yang belum tahu apa itu Tongcai. Mungkin juga baru pernah mendengar istilah Tongcai. Sebenarnya Tongcai sudah ada sejak lama, asalnya dari negeri China. Tongcai adalah sayuran yang diawetkan dengan cara diasinkan. Biasanya Tongcai dibuat dari sayur lobak yang diiris tipis-tipis. Selain lobak, Tongcai juga bisa dibuat dari sayur sawi putih. Tongcai memiliki rasa asin, ini karena dalam proses pembuatannya memang menggunakan garam. Biasanya Tongcai dimakan bersama dengan bubur (ditaburi diatas bubur) atau bisa juga dimakan dengan mie. Harga Tongcai tidak mahal, saya membeli Tongcai yang ada di foto itu seharga Rp.3.500,- per bungkus (berat bersih 100 gram) di salah satu pasar tradisional di Jakarta pada tahun 2015. Selain dijual di pasar tradisional, Tongcai juga dijual di beberapa supermarket tertentu.

Selain dalam kemasan 100 gram, ternyata ada juga Tongcai dalam kemasan 250 gram yang harganya ternyata lebih murah yaitu Rp. 6.000,- per bungkus dengan berat bersih 250 gram. 
Foto di bawah ini adalah foto Tongcai dalam kemasan 250 gram.


Tongcai selain bisa dimakan bersama bubur ataupun mie, bisa juga Tongcai dimasak dengan bahan makanan lainnya, misalnya dimasak dengan sayur buncis. 

Berikut ini adalah resep "Tumis Buncis Tongcai" :

Bahan :
100 gram buncis, potong-potong 3 cm
2 sendok makan Tongcai
5 buah cabe merah, iris tipis
3 butir bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh lada bubuk
1 sendok makan kecap manis
1/2 sendok teh saus tiram
Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara membuat :
Panaskan minyak goreng di wajan. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan cabe merah dan buncis. Aduk rata. Tuang air matang hingga buncis terendam air. Masukkan tongcai, garam, gula pasir, lada bubuk, kecap manis dan saus tiram. Masak hingga buncisnya matang dan air menyusut setengahnya. Matikan api. Tuang tumisan ke atas piring atau mangkuk.