Tuesday, April 7, 2015

Cara Memasang Kain Pelapis (Furing) Pada Dompet Rajutan

Setelah saya membuat tutorial mengenai Cara Memasang Retsleting Pada Dompet Rajutan, sekarang saya mencoba membuat tutorial mengenai cara memasang kain pelapis atau furing pada dompet rajutan.
Caranya adalah sebagai berikut :
1. Kain pelapis atau furing dipotong sesuai dengan bentuk dan ukuran dompet yang anda buat. Lebihkan kira-kira 1 cm di setiap sisinya untuk jahitan. Lalu jahit kain pelapis atau furing tadi hingga membentuk kantung (lihat foto 1a). Foto 1b adalah tampak bagian bawahnya.
2. Setelah kantung tersebut selesai dibuat, lalu masukkan kantung tadi ke dalam dompet. Atur dan rapikan posisinya, gunakan jarum pentul untuk mempertahankan posisi kantung agar tidak berubah (lihat foto ke-2). Sebelumnya dompet harus sudah dipasangi retsleting terlebih dahulu, cara memasang retsleting pada dompet rajutan dapat anda lihat disini.
3. Foto ke-3 : siapkan jarum jahit dan benang jahit, lalu jahit dengan hati-hati agar hasil jahitan nampak rapi dan benang jahit tidak nampak dari bagian luar dompet. Ini memerlukan ketelitian agar hasilnya rapi.
4. Foto ke-4 adalah hasil akhirnya setelah furing selesai dijahit menyatu dengan dompetnya.
5. Dompet sudah siap untuk digunakan (foto ke-5).
Dompet rajutan yang saya buat ini memakai motif Crocodile Stitch, dan menggunakan benang katun Bali berwarna ungu muda. Alasnya saya buat berbentuk persegi panjang.
Ini pertama kali saya membuat motif Crocodile Stitch. Sambil belajar merajut sambil sekalian belajar membuat tutorial ini. Walaupun masih ada kekurangan disana-sini, tetapi semoga tutorial ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

10 comments:

  1. Terima kasih kakakk..pas bgt lagi nyari yg ginian :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali krn sdh mengunjungi blog saya.
      Semoga tutorial ini dpt bermanfaat :)

      Delete
  2. caranya simple banget... jd memudahkan saya yg pemula...makasi...;)

    ReplyDelete
  3. caranya simpel banget... mudah difahami bagi bagi sy yg pemula... makasi.. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sist sudah mampir ke blog saya ini. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat...
      Sama sist saya juga masih pemula :)

      Delete
    2. Terima kasih atas kunjungan anda ke blog ini. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat :)

      Delete
  4. Sis, untuk lapisan dalam tas rajut biasanya pakai kain apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya pakai kain yg biasa untuk furing baju, ngga tahu namanya kain apa tapi biasanya dijual di toko yg menjual benang, pita, kancing, dll. Biasanya sekalian jual kain furing juga.

      Delete

Silakan berkomentar yang relevan dan bukan komentar spam :)