Friday, April 10, 2015

Dompet Rajutan


Ini adalah beberapa buah dompet rajutan yang saya buat dari hasil belajar merajut secara otodidak.

Dompet yang pertama terbuat dari benang nilon berwarna cokelat tua. Model dompetnya sederhana saja, hanya berbentuk persegi panjang yang dilipat di bagian tengahnya, lalu dijahit di kedua sisinya. Sebelum dijahit, dompet dihias terlebih dahulu dengan sulam pita dan benang sulam. Penambahan hiasan dengan sulaman ini dikarenakan pada waktu itu saya hanya membeli satu warna benang nilon (warna cokelat tua) sehingga tidak dapat membuat hiasan bunga rajutan dengan warna lain. Kebetulan saya memiliki sisa-sisa pita dan benang sulam yang kemudian saya gunakan untuk menghias dompet rajutan tersebut.

Dompet rajutan yang kedua dibuat dari benang katun Bali warna merah muda (pink). Alasnya berbentuk oval dan menggunakan tusuk dc (double crochet) dari bawah sampai atas, lalu diakhiri dengan tusuk sc (single crochet) beberapa baris dibagian atasnya. Karena dompet ini menggunakan tusuk dc maka pada bagian pertemuan dc pertama dan terakhir di tiap barisnya terlihat sambungannya. Walaupun rajutan sudah dibongkar beberapa kali dan dirajut ulang beberapa kali pula, tetapi bagian sambungan itu tetap terlihat. Akhirnya saya coba atasi dengan memberi hiasan sulaman pada bagian sambungannya tersebut. Dengan pita dan benang sulam seadanya akhirnya jadilah dompet rajutan yang kedua.

Dompet rajutan yang ketiga menggunakan benang katun Bali berwarna ungu muda. Disini saya mencoba membuat rajutan dengan motif Crocodile Stitch. Alas dompet berbentuk persegi panjang, menggunakan tusuk sc (single crochet). Hasil akhirnya seperti terlihat pada foto ketiga.

Itulah hasil dari saya belajar merajut secara otodidak dengan belajar dari internet. 



No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang relevan dan bukan komentar spam :)