Friday, June 5, 2015

Apa Sih Lapchiong?


Lapcheong atau lapchiong adalah sosis yang dibuat dari daging babi. Tekstur lapchiong lebih keras daripada sosis biasa (sosis sapi dan sosis ayam), karena teksturnya yang kasar dan keras ini maka lapchiong lebih sulit untuk dipotong saat hendak diolah menjadi masakan. 
Biasanya lapchiong digunakan dalam pembuatan nasi goreng, mie goreng, bihun goreng, atau diolah sesuai selera masing-masing oranglah. Untuk membuat nasi goreng, lapchiong dipotong tipis-tipis dan dimasak bersama dengan bahan-bahan lainnya, misalnya telur orak-arik, baso sapi, baso ikan, udang, dan lain-lain. 
Lapchiong rasanya agak keras dan memiliki rasa khas yang terasa agak manis, tetapi bukan rasa manis seperti permen atau gula. Rasa manis lapchiong sangat khas dan sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata.
Lapchiong bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional di kawasan pemukiman etnis China. Tetapi saya juga pernah melihat lapchiong dijual di hypermarket Carrefour Duta Merlin, Jakarta Pusat. 
Berapa harga lapchiong? Harga lapchiong bisa berbeda-beda antara satu penjual dengan penjual lainnya. Kalau lapchiong yang ada di foto itu harganya Rp.8.000,- sepasang. Kata penjualnya lapchiong yang dijualnya itu adalah produk impor dari Malaysia. Entah benar atau tidak sulit untuk dipastikan karena lapchiong tidak ada merk-nya, jadi tidak diketahui alamat produsen ataupun alamat importirnya. 
Untuk informasi lebih banyak tentang lapchiong bisa anda baca di situs wikipedia. 

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang relevan dan bukan komentar spam :)