Saturday, June 13, 2015

Punya Blog Dengan Konten Hasil Copy Paste Koq Bangga Sih??? (Bagian ke-3)

Sabtu, 13 Juni 2015 saya menemukan salah satu postingan saya telah di-copas oleh seseorang tanpa dia meminta ijin dari saya dan tanpa mencantumkan blog saya sebagai sumbernya. Dia meng-copas karya saya yang ada di sini.  Perbuatannya jelas merugikan blog saya karena menyebabkan terjadinya duplicate content di internet.

Ini adalah screenshot dari blog yang telah meng-copas karya saya. Perhatikan bahwa foto-foto yang ada di blog dia sama dengan foto-foto yang ada di blog saya karena dia memang mengambil foto-foto dan tutorialnya dari sini.  Bandingkan juga tanggal, bulan, dan tahun postingannya.  Maka akan ketahuan siapa yang terlebih dahulu memposting karya itu di internet. Dia memposting tahun 2015, sedangkan saya telah mempostingnya sejak tahun 2013.

Inilah screenshot dari blog dia :





















Kalau yang ini adalah screenshot dari foto profil si tukang copas yang bangga karena tidak mampu menghasilkan karya sendiri sehingga akhirnya dia copas karya saya. Saking bangganya sampai dia pajang foto dirinya :



Lalu saya temukan postingan dia yang bulan Juni 2015. Perhatikan tulisan yang ditandai dengan warna merah :


Dia menggunakan kalimat "Di blog sebelumnya saya menuliskan tentang barang bekas dari kaleng" , jadi dia itu merasa dialah yang telah menuliskan tutorial tentang kaleng bekas yang ada di postingan (blog) sebelumnya, padahal dia cuma meng-copy postingan saya lalu mem-paste di blog dia. Jadi sebenarnya sayalah orang yang pertama kali menuliskan tentang tutorial tersebut, sedangkan dia cuma copy paste! Lihat saja tahun postingannya, saya dulu yang memposting di blog saya. 
Mungkin orang itu ingin dikagumi dan dipuji kreatif tetapi tidak mampu membuat karya sendiri, lalu mengambil karya orang lain dan mempostingnya seolah-olah adalah karyanya sendiri. 


Tanggal 18 Juni 2015 saat saya mengecek kembali blog itu ternyata blognya sudah berubah. Template blog berubah, niche blog berubah, dan foto profilnya pun berubah. Ini screenshoot dari penampilan blognya saat saya lihat pada tanggal 18 Juni 2015 :



Setelah saya lihat-lihat isi blognya, saya temukan artikel tentang fashion yang ternyata hasil copas dari situs wikipedia.


Sedangkan foto-foto produk fashion yang ada di blog itu entah didapatnya dari mana. Tetapi kemungkinannya berasal dari foto-foto milik onlineshop. 

2 comments:

Silakan berkomentar yang relevan dan bukan komentar spam :)