Sunday, June 21, 2015

Punya Blog Dengan Konten Hasil Copy Paste Kok Bangga Sih??? (Bagian ke-4 edisi khusus blogger bajingan)

Saya menemukan salah satu tutorial buatan saya telah di-copas oleh blog lain. Hasil copas-nya itu terdapat di http://zhahab.blogspot.com/2013/12/mudah-dibuat-membuat-2-kerajinan-tangan.html?m=1 
Dia meng-copas tutorial buatan saya itu tanpa seijin dari saya dan tidak pula dia mencantumkan link blog saya sebagai sumbernya.
Saya yang terlebih dahulu memposting tutorial itu di blog saya pada tanggal 20 Desember 2012, sedangkan dia memposting karya yang sama di blog dia pada bulan Desember 2013. Satu tahun setelah saya memposting di blog saya. Dia memang tidak mencantumkan tanggal, bulan dan tahun postingan di blog dia (mungkin supaya tidak ketahuan postingannya adalah hasil copas alias hasil mencuri postingan dari blog lain), tetapi bulan dan tahun postingan tetap dapat diketahui dengan melihat pada link postingannya di http://zhahab.blogspot.com/2013/12/mudah-dibuat-membuat-2-kerajinan-tangan.html?m=1 , lihatlah angka-angka yang tercantum di link itu /2013/12/ ini berarti dia mempostingnya pada bulan 12 (Desember) tahun 2013. Terbukti bahwa saya yang terlebih dahulu memposting karya saya, karena saya telah mempostingnya sejak tahun 2012.

Pada postingannya itu terdapat dua buah tutorial tentang kaleng bekas yang dia gabungkan dalam satu buah postingan. Tutorial pertama bukan karya saya. Tetapi tutorial kedua adalah karya saya yang dia copas dari sini.

Berikut ini adalah screenshot dari blog dia yang berisi postingan hasil copas dari blog saya :




Tutorial yang pertama pada gambar screenshot di bawah ini bukan tutorial karya saya. Tutorial itu bersumber dari blog : http://elindasari.wordpress.com/2009/08/12/berkreasi-dengan-kaleng-bekas/ 




Tutorial kedua adalah tutorial karya saya yang dia copas dari blog saya :



















Pada blog http://zhahab.blogspot.com tidak terdapat kotak komentar yang biasanya ada pada blog, sehingga para visitor blog tidak dapat mengomentari postingan di blog itu. Mungkin karena isi blognya adalah hasil curian alias copy paste dari blog / website lainnya sehingga zhahab.blogspot.com tidak berani menyediakan kotak komentar di blognya, mungkin karena dia takut dikomentari oleh para korban copasnya. Pada blognya tercantum nama profil Google+ adalah Umi Syarofah (ini nama perempuan), tetapi setelah saya buka profil Umi Syarofah di Google+ pada bagian data dirinya tercantum gender / jenis kelamin adalah laki-laki. 



Blog zhahab.blogspot.com selain meng-copas tutorial yang saya buat, juga banyak meng-copas dari blog dan website lainnya.Terutama dari blog dan website luar negeri. Jadi tutorial yang dalam bahasa Inggris diterjemahkan dulu ke dalam bahasa Indonesia, lalu foto-fotonya dia copas. Contohnya adalah postingan yang ada di --> http://zhahab.blogspot.com/2014/10/tutorial-membuat-kerajinan-lampu-hias.html --- yang screenshot-nya bisa anda lihat di bawah ini :


Bersumber dari blog luar negeri yang beralamat di --> http://nowthatspretty.blogspot.com/2013/07/diy-pineapple-lamp.html?m=1 (jika link error, bisa anda copy linknya dan paste ke Google Search Engine, nanti akan muncul blog "Now That's Pretty"). 
Di bawah ini adalah screenshot blog nowthatspretty.blogspot.com. Perhatikan foto-fotonya sama dengan yang terdapat di blog zhahab.blogspot.com. Tetapi dari tahun postingan bisa ketahuan kalau blog nowthatspretty.blogspot.com adalah yang terlebih dahulu memposting tutorial itu. 



Parahnya lagi, ada beberapa foto di zhahab.blogspot.com yang adalah foto-foto hasil curian dari website luar negeri yang jelas-jelas ada watermark-nya tetapi tetap dicopas juga, bahkan dia tambahkan dengan watermark buatannya sendiri. Contohnya ada di --> http://zhahab.blogspot.com/2015/06/cara-membuat-kerajinan-tangan-boneka.html --- yang screenshot-nya ada di bawah ini :




Perhatikan tulisan kecil yang ditandai dengan lingkaran berwarna biru, itu adalah watermark yang asli (123PEPPY.COM). Sedangkan tulisan kecil yang ditandai dengan lingkaran berwarna merah adalah watermark yang ditambahkan oleh si tukang copas. 
Tutorial itu adalah hasil copas dari website luar negeri yang beralamat di : http://crafts.123peppy.com/cotton-buds-sheep/524 
Di bawah ini adalah screenshot dari tutorial yang aslinya :


Selain mencuri foto-foto dari blog dan website luar negeri, zhahab.blogspot.com juga mencuri tutorial dan foto-foto dari blog-blog dalam negeri bahkan foto-foto yang jelas-jelas sudah ada watermark dan nama pemilik fotonya pun tetap dicuri oleh zhahab.blogspot.com! Contohnya ada di --> http://zhahab.blogspot.com/cara-membuat-kerajinan-tangan-dari-kain.html --- yang screenshotnya sebagai berikut :




Tutorial dan foto-foto itu bersumber dari blog : http://silviaardianasemail.blogspot.com/2012/07/tutorial-gantungan-kunci-alphabet-dari.hhtml --- yang screenshot-nya ada di bawah ini :


Lalu tutorial tentang cara membuat aksesoris bunga dari kain flanel yang ada di blog zhahab.blogspot.com itu juga hasil copas dari blog silviaardianasemail.blogspot.com. 
Ini adalah screenshot dari blog zhahab.blogspot.com :



Tutorial itu hasil copas dari blog : http://silviaardianasemail.blogspot.com/2011/05/membuat-aksesoris-bunga-dari-flanel.html --- di bawah ini adalah screenshot blog silviaardianasemail.blogspot.com. Bandingkan foto-fotonya sama dengan yang terdapat di blog zhahab.blogspot.com tetapi tahun postingannya berbeda. Blog silviaardianasemail.blogspot.com memposting terlebih dahulu pada tahun 2011, sedangkan zhahab.blogspot.com memposting tutorial yang sama pada tahun 2013.



Tutorial tentang cara menghias kotak tissue dari kain flanel yang ada di blog zhahab.blogspot.com juga hasil copas dari blog silviaardianasemail.blogspot.com. 
Di bawah ini adalah screenshot blogspot zhahab.blogspot.com :


Tutorial itu hasil copas dari blog http://silviaardianasemail.blogspot.com/2011/10/tutorial-menghias-kotak-tissu-dengan.html --- di bawah ini adalah screenshot tutorial yang aslinya :



Saya juga menemukan lagi ada foto-foto di blog zhahab.blogspot.com yang merupakan foto-foto dari website luar negeri. Misalnya foto-foto yang ada di --> http://zhahab.blogspot.com/2014/10/10-contoh-ide-kerajinan-tangan-dari.html?m=1 yang screenshot-nya ada di bawah ini :


Foto itu sama dengan foto yang ada di website luar negeri, yaitu di --> http://diycozyhome.com/plastic-bottle-turtle-shell-craft/
Ini bukti screenshot website diycozyhome.com :


Di bawah ini adalah screenshot dari sebuah foto yang ada di blog zhahab.blogspot.com yang juga fotonya  berasal dari website luar negeri. 


Foto di atas itu berasal dari http://pinterest.com/aawhitehead/soda-bottle-crafts/
Di bawah ini adalah screenshot foto yang ada di website pinterest.com :



Di bawah ini adalah dua buah screenshot foto-foto di blog zhahab.blogspot.com yang juga bersumber dari website luar negeri :



Foto-foto itu terdapat di website http://socreativethings.com/9-creative-ideas-to-reuse-plastic-bottles/ 
Di bawah ini adalah screenshot website socreativethings.com :



zhahab.blogspot.com mengambili foto-foto dan tutorial dari berbagai blog dan website dalam dan luar negeri tanpa meminta ijin pemilik blog atau website dan tanpa mencantumkan link sumbernya. Jadi, orang yang berada di balik blog zhahab.blogspot.com ini benar-benar orang yang tidak bermoral yang bisanya mencuri foto-foto dan tutorial milik orang lain. Bahkan tanpa malu sedikit pun juga dia mengakui karya orang lain sebagai karyanya sendiri. 
Lihat pada screenshot di bawah ini, pada kalimat yang ditandai dengan garis berwarna merah :


Padahal tutorial yang aslinya bersumber dari website luar negeri :


Di bawah ini adalah profil Google+ Umi Syarofah alias Zhahab (zhahab.blogspot.com) :


Saya menduga itu adalah data diri palsu karena mana mungkin orang yang berpendidikan tinggi dari University of Pittsburg membuat blog copas zhahab.blogspot.com yang berisi tutorial kerajinan tangan hasil copas dari berbagai blog dan website. Kalau benar berpendidikan di University of Pittsburg seharusnya bisa membuat sendiri konten original tanpa copas! Masa kalah sih sama saya yang hanya alumni dari sebuah universitas dalam negeri? Saya bisa membuat sendiri konten original untuk blog saya, masa lulusan University of Pittsburg bisanya cuma copas?!! Jangan-jangan bukan Pittsburg, tapi Pittbull !!! 

Saya sudah meminta agar zhahab.blogspot.com menghapus saja tutorial hasil curian dari blog saya itu, tetapi malah akun saya dia blokir. 
Rupanya dia ingin tetap mempertahankan tutorial hasil curiannya. Betapa dia sangat menyukai, mengagumi, dan memuja karya saya sehingga dia mencuri tutorial saya dan memajangnya di blog zhahab.blogspot.com. 

Lalu Umi Syarofah alias Zhahab menghapus komentar saya di akun Google+ dia, dan kemudian menonaktifkan komentar di akun Google+ nya supaya tidak ada orang-orang yang bisa mengomentari tutorial-tutorial hasil curiannya yang dia share di akun Google+. 
Dibawah ini adalah screenshot dari akun Google+ Umi Syarofah alias Zhahab. Baca tulisan yang diberi tanda lingkaran berwarna merah :


Berapa lama waktu yang dihabiskan oleh Umi Syarofah alias Zhahab untuk mencuri alias copy paste tutorial dari berbagai blog dan website? Satu jam? Dua jam? Ternyata bukan hitungan jam lagi, tapi hitungan tahun! Sudah bertahun-tahun dia mencuri tutorial dari berbagai blog dan website dalam dan luar negeri. 
Untuk apa dia berbuat nista begitu? Ternyata untuk menghasilkan uang lewat blog dengan memasang iklan Google Adsense di blog copasnya. Dia ingin mendapatkan uang dari iklan Google Adsense dengan memakai modal tutorial-tutorial hasil curian dari berbagai blog dan website milik orang-orang lain. Betapa liciknya orang yang berada di balik akun atas nama Umi Syarofah alias zhahab.blogspot.com! 


Saya pernah menegur Umi Syarofah alias Zhahab di akun Google+ nya. Tetapi kemudian komentar saya dia hapus dan akun Google+ saya pun diblokirnya. Dia cuma bisa menghapus komentar dan memblokir akun saya, tetapi dia tidak bisa memberi penjelasan apapun kepada saya. Dia juga tidak meminta maaf karena telah mencuri tutorial dari blog saya. Sebenarnya memblokir akun saya tidak ada gunanya karena saya tetap bisa memantau akun Google+ dia dengan menggunakan akun Google+ saya yang lainnya. Bukankah mudah sekali membuat akun Google+.
Setelah saya menegur dia dengan menyinggung soal iklan Google Adsense yang dia pasang di blog copasnya, lalu dia langsung menyembunyikan dulu iklan Google Adsense dari blognya (iklan Google Adsense bisa diaktifkan dan dinonaktifkan dari dashboard blog). Mungkin nanti dia akan aktifkan lagi iklan Google Adsense itu di blognya supaya dia bisa meraup uang dari iklan Google Adsense dengan modal blog copas yang berisi tutorial hasil curian dari berbagai blog dan website milik orang-orang lain. 
Orang macam apakah Umi Syarofah alias Zhahab yang bisa menghalalkan segala cara demi uang? Jelas dia adalah orang yang tidak bermoral dan tidak beretika. Yang dipikirkannya hanya kepentingan pribadinya saja tanpa peduli perbuatannya dapat merugikan orang lain. Uang yang dihasilkannya sudah pasti uang haram karena memakai modal blog copas yang berisi tutorial-tutorial hasil curian alias copas dari berbagai blog dan website milik orang-orang lain. 
Umi Syarofah alias Zhahab adalah contoh orang yang tidak memiliki rasa malu. Bahkan setelah perbuatannya ketahuan oleh saya pun, dia hanya bisa menghapusi komentar saya dan memblokir akun saya tanpa dia meminta maaf atas kesalahannya terhadap saya dan terhadap orang-orang lain yang tutorialnya telah dia curi. Dia juga tidak menghapus tutorial milik saya yang dia curi alias copas dari blog saya. Umi Syarofah alias Zhahab adalah contoh blogger bajingan. 

Ada sebuah peribahasa lama yang sudah sangat terkenal sekali, yaitu "Gajah mati meninggalkan gading. Harimau mati meninggalkan belang. Manusia mati meninggalkan nama." Yang artinya : kalau nanti Umi Syarofah alias Zhahab mati akan meninggalkan nama buruk sebagai pencuri tutorial alias tukang copas. Blog copasnya adalah bukti kejahatan dia yang selama bertahun-tahun mencuri tutorial dari berbagai blog dan website di internet. Semua itu dia lakukan demi untuk mencari uang dari iklan Google Adsense yang dipasang di blognya. Padahal blog zhahab.blogspot.com tidak memenuhi persyaratan Google Adsense karena berisi konten hasil curian dari berbagai blog dan website milik orang-orang lain. Selain itu blognya juga tidak dilengkapi dengan menu "About, Privacy Policy, Disclaimer, dan Contact." Dia tidak berani mencantumkan "Contact" karena dia takut dihubungi oleh para korban copasnya. Dia juga pasti takut kalau ada orang yang bertanya tentang detil cara membuat kerajinan tangan yang ada di blognya karena dia tidak bisa menjelaskan detilnya. Maklum saja karena tutorial yang ada di blognya itu cuma hasil copas. Kalau seandainya Umi Syarofah alias Zhahab dites untuk membuat kerajinan tangan yang ada di blognya itu, sudah pasti dia akan kewalahan karena memang dia tidak bisa membuatnya. Dia cuma bisa mengcopas tutorial-tutorial milik orang lain. Bahkan fitur komentar di blognya pun dinonaktifkan, saking takutnya dia dikomentari oleh para korban copasnya ataupun dikomentari oleh orang-orang yang meminta petunjuk detil tentang cara membuat kerajinan tangan yang ada di blognya itu. 

Saya menemukan lagi ada tutorial di blog zhahab.blogspot.com yang merupakan tutorial hasil curian. Ini screenshot dari link blog zhahab tentang cara membuat bunga tulip yang dia share link ini di akun Google+ nya :


Kalau link itu dibuka maka anda akan masuk ke blog zhahab.blogspot.com tentang cara membuat bunga tulip dari kertas. Ada gambar-gambar tutorial ini di blog zhahab :



Ternyata gambar-gambar tutorial itu bersumber dari sebuah video tutorial yang ada di youtube.com, yang berjudul "How to make beautiful paper tulip flowers / DIY Valentine's day craft."
Video itu di-upload oleh akun ArtsnCraft4u. Di bawah ini adalah bukti adanya video tersebut di youtube :



Sedangkan tutorial tentang cara membuat lampu ublik (http://zhahab.blogspot.com/2015/05/menyulap-kaleng-bekas-menjadi-kerajinan.html) yang screenshotnya terdapat di bawah ini :


Juga bersumber dari sebuah video tutorial yang terdapat di situs youtube yang berjudul "Soda can oil lamp new and improved" yang di-upload ke youtube oleh akun Go Geronimo pada tanggal 7 Februari 2014. Screenshot di bawah ini adalah bukti adanya video itu di youtube :


Saya sudah menonton video itu dan membuat screenshot-nya seperti yang dapat anda lihat di bawah ini :


Bandingkan screenshot di atas dengan tutorial yang ada di blog zhahab.blogspot.com, ternyata sama gambarnya! Di bawah ini adalah screenshot tutorial yang ada di blog zhahab, lihatlah pada gambar yang saya tandai dengan lingkaran berwarna merah. Gambar itu sama dengan yang terdapat di video youtube yang berjudul "Soda can oil lamp new and improved." 



Lalu saya melihat tutorial lain yang ada di blog zhahab.blogspot.com, kali ini yang saya lihat adalah tutorial tentang cara membuat rak buku dari kardus. Screenshot-nya sebagai berikut :


Ternyata tutorial itu juga bersumber dari sebuah video tutorial yang ada di situs youtube.com yang berjudul "DIY Cardboard Cloud Bookshelf" yang di-upload ke youtube oleh akun Lucas Ridley pada tanggal 25 Juli 2012. Di bawah ini adalah bukti screenshot adanya video tersebut di situs youtube :



Di bawah ini adalah screenshot blog zhahab.blogspot.com, lihatlah pada tulisan yang saya tandai dengan lingkaran berwarna merah. Jelas sekali tertulis nama si pembuat tutorial yang asli yaitu Lucas Ridley.



Kemudian saya melihat tutorial lain yang ada di blog zhahab itu, kali ini yang saya lihat adalah tutorial tentang cara membuat tempat permen dari kancing. 


Perhatikan pada logo yang saya tandai dalam lingkaran berwarna merah pada screenshot di bawah ini. Jelas sekali logo itu bertuliskan "Ana | DIY Crafts" :


Ternyata tutorial itu bersumber dari sebuah video tutorial di youtube yang berjudul "DIY craft : Button Bowl Ana | DIY Crafts", yang di-upload ke youtube oleh "Ana | DIY Crafts" pada tanggal 28 Juni 2014.
Di bawah ini bukti adanya video itu di youtube :


Tetapi ternyata "Ana | DIY Crafts" bukan pembuat tutorial yang sebenarnya, karena saya menemukan video yang sama tetapi tahun upload-nya lebih awal yaitu tahun 2012 (tepatnya tanggal 8 Oktober 2012), sedangkan "Ana | DIY Crafts" meng-upload pada tahun 2014. Pada video yang di-upload oleh "Ana | DIY Crafts" tidak ada suara orang yang membuat tutorial itu (hanya ada suara musik saja), sedangkan pada video yang asli ada suara si pembuat tutorial yang berbicara dalam bahasa Spanish. Di bawah ini adalah screenshot video yang asli yang di-upload ke youtube oleh akun "Manualidades Para Todos" :




Nah! Sudah jelas Umi Syarofah alias Zhahab mengambil tutorial milik orang lain, tetapi anehnya Umi Syarofah alias Zhahab malah membuat kata pengantar di postingannya itu dengan kalimat-kalimat yang seolah-olah tutorial itu adalah hasil karyanya sendiri. Ini screenshot yang berisi kata pengantar yang saya maksud :


Dia bilang : "Sebenarnya minggu ini saya bingung sekali mau buat kerajinan tangan apa, ide di kepala udah habis soalnya" (ini maksudnya dia bingung mau copas kerajinan tangan apa lagi). Lalu kalimat berikutnya dia bilang : "tapi beberapa waktu lalu saya menemukan tutorial bagaimana membuat wadah tempat permen lucu di internet hmmm bolehlah saya tiru hehehe dari pada gak ada kerjaan iseng-iseng buat kan gak papa." (Iseng-iseng membuatnya memang tidak apa-apa, tapi mana hasil buatannya? Kok yang diposting semuanya foto-foto hasil karya orang lain?). Anehnya lagi Umi Syarofah alias Zhahab suka menyebut kerajinan tangan dengan istilah "lucu", padahal saya yang sudah lama berkecimpung di bidang kerajinan tangan tidak pernah menganggap kerajinan tangan adalah sesuatu yang lucu. Hasil kerajinan tangan adalah suatu karya seni dan bukan sesuatu yang lucu. Jelas sekali kalau Umi Syarofah alias Zhahab adalah orang yang sesungguhnya tidak bisa membuat kerajinan tangan sehingga dia tidak bisa menghargai suatu karya seni yang dibuat dengan serius, malah dia anggap sesuatu yang lucu. Kalau menurut saya justru Umi Syarofah alias Zhahab-lah yang lucu karena mengcopas tutorial milik orang-orang lain lalu mempostingnya di blog dia dengan ditambahi kata pengantar yang seolah-olah tutorial itu adalah hasil karyanya sendiri, padahal cuma tutorial hasil copy paste. 

Masih ada lagi tutorial hasil curian dari website luar negeri yang saya temukan di blog zhahab.blogspot.com, yaitu tutorial tentang cara memanfaatkan botol kaca menjadi frame foto (http://zhahab.blogspot.com/2014/09/kreasi-unik-memanfaatkan-botol-kaca.html). Ini screenshot blog zhahab :



Tutorial itu berasal dari website luar negeri yang beralamat di http://content.photojojo.com/diy/glass-jar-photo-frames/
Di bawah ini adalah screenshot dari website luar negeri tersebut :




Lalu ada tutorial tentang cara membuat gelas mug dari kain felt (http://zhahab.blogspot.com/2014/08/kerajinan-dari-kain-felt-membuat-boneka.html) yang screenshot-nya ada di bawah ini :


Ternyata tutorial itu bersumber dari sebuah video tutorial di situs youtube yang berjudul "How to Make a Cute Coffee Mug From Felt" yang di-upload ke situs youtube oleh akun TammyHallam pada tanggal 13 April 2012.


Lalu saya melihat tutorial lain yang ada di blog zhahab, kali ini yang saya lihat adalah tutorial tentang cara membuat headband (http://zhahab.blogspot.com/2015/05/kerajinan-simple-cara-membuat-headband.html). Sebenarnya itu bukan headband tapi hairclip. Sepertinya Umi Syarofah alias Zhahab tidak bisa membedakan antara headband dan hairclip. Berikut ini adalah screenshot blog zhahab :


Dengan melihat foto itu saya langsung yakin pasti foto itu diambil dari website luar negeri karena warna rambut dan warna kulit orang yang ada di foto itu mirip dengan warna rambut dan warna kulit orang Barat. Ternyata keyakinan saya benar karena saya temukan sumber tutorial itu berasal dari website luar negeri yang berbahasa Inggris, yaitu di http://littlebuttondiaries.com/2014/08/14/nap-time-crafts-pinwheel-hairclip/
Ini screenshot dari website sumbernya :


Hari ini (Minggu, 26 Februari 2017) iseng-iseng saya mengecek lagi blog zhahab.blogspot.com dan ternyata blog tersebut telah tidak ada. Apakah karena blog itu telah dihapus oleh si pemilik blog atau dihapus oleh pihak Google atau hanya sekedar berganti alamat blog? Sebab jika alamat blog diganti juga akan mendapatkan keterangan yang sama yaitu "blog telah dihapus." Entahlah mana yang benar tetapi yang pasti blog zhahab.blogspot.com tidak dapat ditemukan lagi. Itulah akibatnya kalau bisanya hanya copy paste konten dari blog dan website lain. Bertahun-tahun waktu yang dia habiskan di depan komputernya untuk mencuri konten dari mana-mana dan akhirnya blognya berakhir dengan tragis, iklan Adsense-nya hilang dan sekarang blognya pun turut menghilang. Hahahahaaa....!!! 


~ R.I.P http://zhahab.blogspot.com ~



No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang relevan dan bukan komentar spam :)