Saturday, May 2, 2015

Cara Menyembuhkan Sakit Batuk

Penyakit batuk tentu sangat mengganggu sekali karena terbatuk-batuk dalam waktu lama dapat membuat letih dan juga menimbulkan rasa nyeri di kerongkongan. Pengobatan untuk sakit batuk bisa dengan mengonsumsi obat-obatan modern yang dijual bebas di apotik dan toko obat (misalnya: obat batuk merek Konidin, Vicks Formula 44, Komix, dan lain-lain), tetapi ada juga pengobatan dengan cara tradisional yang sederhana. Di sini saya akan share  dua cara tradisional untuk mengobati batuk. Sebenarnya ada lebih dari dua cara tapi yang paling mudah didapatkan bahan-bahannya ya yang dua cara ini.

1. Jeruk nipis dan kecap manis
     Satu butir jeruk nipis dibelah dua, lalu diperas hingga keluar airnya.  Tambahkan 1 sendok makan kecap manis. Aduk rata, lalu diminum. Sehari 3 kali.

2. Wedang jahe
     Ambil jahe secukupnya (kira-kira 3 cm) lalu diparut atau digeprak saja.  Rebus bersama dengan 2 gelas air (saya pakai ukuran gelas belimbing). Rebus hingga air mendidih. Diminum dalam keadaan hangat dan bisa ditambahkan gula secukupnya untuk pemanis saja.

Dua resep tadi sudah pernah saya coba dan lumayan bisa mengurangi rasa gatal di tenggorokan.  Walaupun akhirnya saya tetap mengonsumsi obat batuk modern karena faktor kepraktisan.

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang relevan dan bukan komentar spam :)