Tuesday, May 19, 2015

Resep Kue Apem Nasi


Kue apem nasi memang menggunakan nasi sebagai bahan pembuat kue apem  selain tentunya menggunakan juga bahan-bahan lainnya. Nasi menjadi pengganti tepung beras. Resep kue apem nasi sebenarnya sudah banyak beredar di internet, anda tinggal mencarinya saja dengan bantuan search engine Google. Saya membuat kue apem ini sekedar iseng-iseng saja karena ingin tahu bagaimana rasa dan tekstur dari kue apem nasi. Akhirnya saya coba juga membuat kue apem nasi ini, tetapi saya membuatnya tanpa menggunakan takaran yang pasti. Jadi bahan-bahannya hanya dikira-kira saja. Agak khawatir juga kalau adonan gagal jadi, tetapi untung berhasil juga adonannya mengembang dan setelah dikukus jadilah kue apem dengan rasa yang agak manis dan tekstur yang bagus (mirip dengan kue apem yang dijual di tukang kue). 

Bahan :
Sepiring nasi putih (kira-kira 2 centong nasi) 
Segelas air matang (saya pakai ukuran gelas belimbing)
Segelas tepung terigu (tetap dengan takaran gelas belimbing)
1/2 gelas belimbing gula pasir
1/2 sachet ragi instan Fermipan
Pasta pandan secukupnya

Cara membuat :
1. Nasi dicampur dengan air, lalu diblender hingga halus.

2. Campur tepung terigu, gula pasir, dan ragi instan dalam sebuah wadah (baskom plastik), aduk rata. Tuang nasi yang telah diblender tadi ke dalam campuran terigu, gula pasir dan ragi instan. Tambahkan pasta pandan secukupnya, lalu aduk rata semuanya. Diamkan hingga 60 menit. Tutup dengan serbet lembab.

3. Setelah 60 menit, lalu tuang ke dalam cetakan kecil-kecil yang telah diolesi dengan minyak goreng atau margarin. Kukus kira-kira 20 menit atau hingga matang. 

Tips:
* Panaskan dulu kukusan hingga air dalam panci kukusan mendidih.
* Lapisi tutup kukusan dengan serbet supaya uap air tidak menetes ke atas kue. 



No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang relevan dan bukan komentar spam :)