Monday, May 11, 2015

Punya Blog Dengan Konten Hasil Copy Paste Kok Bangga Sih? (Bagian ke-2)

Hari ini saya menemukan lagi sebuah blog yang kontennya adalah hasil copy paste dari salah satu postingan saya tentang Cara Memanfaatkan Kaleng Bekas (Cara Membuat Tempat Pensil Dari Kaleng Bekas). 
Jelas sekali kalau tutorial dan foto-foto di salah satu postingan blog itu adalah copy paste dari karya saya yang ada di sini.
Berikut ini adalah beberapa screenshot dari blog si tukang copas :











Saya yang terlebih dahulu memposting tentang Cara Memanfaatkan Kaleng Bekas (Cara Membuat Tempat Pensil Dari Kaleng Bekas) pada tahun 2012, sedangkan dia memposting ulang di blognya pada tahun 2014. Untuk membuat postingan tersebut saya harus mencari ide dan mengeluarkan biaya untuk menyiapkan bahan-bahannya. Lalu saya membuat karya saya dan menyusun tutorial beserta foto-fotonya. Lalu seenaknya saja orang mengcopy-paste hasil karya saya tanpa mencantumkan alamat blog saya sebagai sumbernya. Berarti orang itu ingin membuat orang-orang mengira itu adalah karyanya, padahal itu adalah karya saya. Kepada si tukang copas, kalau anda tidak bisa menghasilkan karya original, lebih baik tidak usah ngeblog daripada ngeblog tapi kontennya hasil copy paste. Malu dong menipu diri sendiri dan menipu banyak orang! 


1 comment:

Silakan berkomentar yang relevan dan bukan komentar spam :)