Monday, September 21, 2015

Donat Mini (Donat Tanpa Telur)


Donat, siapa sih yang tidak tahu donat? Semua orang juga tahu apa itu donat, karena donat sudah menjadi makanan yang merakyat. Kita dapat menjumpai donat di berbagai lokasi penjualan dari mall hingga pasar tradisional, tentunya dengan harga dan kualitas yang berbeda antara donat yang dijual dengan harga mahal dengan donat yang dijual dengan harga murah. 

Nah! Hari ini saya mencoba membuat donat sendiri dengan memanfaatkan sisa terigu yang ada di rumah. Kebetulan saya punya sedikit terigu, tapi saya lupa menimbang beratnya, jadi tidak tahu berapa takaran terigu yang saya gunakan pada resep ini. Tapi kalau dikira-kira berat terigunya kurang dari 250 gram. Mungkin hanya sekitar 200 gram saja. 
Dengan terigu seadanya, saya mencoba membuat donat. Tadinya hendak dibuat bakpao, tetapi karena dulu sudah pernah membuat bakpao maka sekarang bikin donat saja. Resepnya hanya serba dikira-kira saja, maklumlah bahan-bahannya saja hanya seadanya saja. Nah! Ini resepnya :

Bahan :
+/- 200 gram tepung terigu 
1,5 sendok makan gula pasir
1 sendok makan margarin
1 sendok makan peres Fermipan
Air matang secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat :
1. Campur ragi instan Fermipan dengan 1,5 sendok makan air hangat. Aduk rata dan tunggu hingga ragi bereaksi. Tandanya bereaksi yaitu ragi akan mengental dan berbuih halus. Air yang digunakan jangan terlalu panas karena akan menyebabkan ragi menjadi mati dan tidak dapat digunakan.

2. Sambil menunggu raginya bereaksi, siapkan bahan-bahan lainnya. Tuang tepung terigu ke dalam wadah (baskom plastik), masukkan gula pasir, aduk-aduk pakai sendok supaya gula pasir tercampur rata dengan terigu. Tuang sedikit air matang, uleni pakai tangan. Menuang airnya harus sedikit-sedikit, sebab jika kebanyakan air maka adonan akan menjadi terlalu lembek. Lalu masukkan ragi ke dalam adonan. Uleni lagi pakai tangan hingga tercampur rata. Masukkan margarin, dan uleni lagi sambil dibanting-banting hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket lagi di tangan dan di baskom.

3. Adonan yang sudah kalis lalu dibulatkan dan taruh di tengah baskom. Tutup baskomnya dengan serbet basah (lembab) atau tutup dengan plastik wrap. Diamkan selama 45 menit. Setelah 45 menit, buka tutupnya lalu kempiskan adonan dengan menekannya pakai tangan seperti menonjok. Lalu tutup lagi baskomnya dengan serbet basah dan diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit buka tutup baskom dan bagi adonan menjadi beberapa bagian yang sama besarnya. Masing-masing bagian dibulatkan dan taruh di loyang yang sudah diolesi margarin. 

4. Siapkan wajan cekung (kuali), tuang minyak goreng secukupnya ke dalam wajan dan nyalakan kompornya. Ambil satu bulatan adonan, lubangi tengahnya dengan menggunakan jari telunjuk, lalu masukkan adonan ke dalam wajan dan goreng hingga salah satu sisinya matang. Balik dan goreng hingga matang di kedua sisinya. Angkat dan tiriskan. Lanjutkan menggoreng adonan berikutnya hingga selesai.

Resep ini menghasilkan 7 buah donat mini. Bentuk donatnya memang tidak menarik karena dibuat tanpa menggunakan cetakan dan bahan-bahannya pun seadanya saja. Tetapi yang penting saya berhasil membuat donat walaupun dengan bahan-bahan yang tidak lengkap, bahkan terigunya pun kurang dari seperempat kilo. Dan yang lebih penting lagi donatnya berhasil mengembang dan bisa dimakan walaupun tanpa memakai topping tetapi rasanya sudah cukup manis dan enak. 


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang relevan dan bukan komentar spam :)