Sunday, September 13, 2015

Kuwe Shanghi Kau


Ketika saya sedang melintas di Jalan Pancoran, Jakarta-Kota, saya melihat ada orang yang menjual beraneka macam kue di sisi kiri Jalan Pancoran (jika datang dari arah Glodok). Saya sempat mampir ke lapak kecilnya itu untuk sekedar melihat-lihat ada kue apa saja disana. Ternyata pedagang itu menjual kue sopia, ting-ting kacang, dan kue berbentuk persegi panjang yang dibungkus dengan kertas berwarna merah dengan tulisan berwarna kuning keemasan. Pada kemasan itu tertera namanya adalah "Kuwe Shanghi Kau" produksi perusahaan kue "Thay Hoeng."
Kue ini sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu dan tetap memiliki rasa yang sama alias tidak berubah walaupun jaman telah berubah. 


Kue ini ketika dimakan terasa ringan di mulut. Rasa manisnya hanya samar-samar saja. Sulit untuk dijelaskan secara mendetail mengenai rasanya. Anda harus mencobanya sendiri untuk mengetahui rasa kue ini. Saya berusaha mencari informasi mengenai resep dan cara membuat kue ini tetapi saya belum berhasil mendapatkan informasi yang dicari walaupun saya sudah melakukan  browsing di Google. Ada orang yang mengatakan kalau kue tersebut bernama  "Kue Satu", tetapi setahu saya bentuk, rasa, dan tekstur "Kue Satu" berbeda dengan kue yang ada di foto itu. Ada juga yang mengatakan kalau kue itu bernama "Kue Koyah" yang terbuat dari kacang hijau kupas dan ada campuran tepung berasnya. 
Apapun nama kue ini yang jelas kue ini enak :)

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang relevan dan bukan komentar spam :)