Monday, November 30, 2015

Cara Membuat Tempat Pensil Dari Kaleng Bekas, Kain Perca, dan Aneka Gelang

Setelah beberapa kali saya membuat karya dengan menggunakan kaleng bekas untuk dibuat menjadi celengan dan beberapa macam tempat pensil yang tutorialnya dapat dilihat di sini, di sini, di sini dan di sini, saya pikir saya akan kehabisan ide. Tetapi ternyata tidak demikian karena tiba-tiba saja saya mendapatkan ide baru untuk membuat sebuah tempat pensil lagi, tetapi kali ini dengan cara mengkombinasikan antara kaleng bekas dan sehelai kain perca. Ide ini muncul setelah saya menemukan sehelai kain perca di rumah saya, sisa bahan dari membuat taplak meja; daripada kain perca itu dibuang lalu saya pikir-pikir 'bisa dibuat apakah kain perca ini?'  Kebetulan saya memiliki sebuah kaleng bekas ikan sarden. Kaleng ini sudah ada sejak lama, sudah saya bersihkan, dan sudah siap untuk dikreasikan menjadi suatu karya yang kreatif, menarik, dan tentunya juga bermanfaat. Tetapi karena ide kreatifnya belum muncul, jadi kalengnya masih saya biarkan saja. Nah! Setelah ada kain perca ini lalu saya pikir kalau kain perca ini memiliki lebar dan panjang kain yang cukup untuk dililitkan ke sekeliling kaleng. Lalu mulailah saya mencoba berkreasi dengan kain perca dan kaleng, sehingga jadilah sebuah Tempat Pensil Dari Kaleng Bekas dan Kain Perca. Tempat pensil ini masih terlihat polos dan sederhana ketika baru selesai dibuat, sehingga perlu diberi hiasan agar terlihat lebih menarik. Untuk menghias tempat pensil ini saya menggunakan cara yang sangat praktis sekali yaitu dengan menggunakan aksesoris wanita berupa gelang-gelang tangan.  Disini saya ingin menunjukkan pada anda bahwa dengan bahan-bahan seadanya pun kita dapat berkreasi dan menghasilkan suatu karya yang menarik. Itulah yang disebut kreatif.

Untuk membuat Tempat Pensil Dari Kaleng Bekas, Kain Perca, dan Aneka Gelang ini bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

- Kaleng bekas yang telah dicuci bersih dan dijemur hingga kering

- Kain perca

- Gunting

- Lem UHU

- Lem double tape

- Aneka gelang bertali karet

Sedangkan mengenai cara membuatnya dapat anda lihat melalui foto-foto tutorial berikut ini :


Kain perca diukur dan digunting sesuai dengan ukuran kalengnya. Kalau saya mengukurnya dengan cara meletakkan kain perca pada kaleng (lihat contohnya pada foto diatas), lalu dilebihkan sedikit kain percanya (lihat arah yang ditunjukkan oleh tanda panah pada foto diatas).



Kain perca dilipat sedikit dan diberi lem supaya lipatannya melekat dan tidak terlepas. Untuk ini bisa digunakan lem UHU.



Lipat juga sisi yang lainnya dari kain perca tersebut. Beri lem supaya lipatannya menempel.



Hasilnya adalah seperti pada foto diatas.



Tempel ujung kain perca ke badan kaleng. Lalu lilitkan kain perca itu ke sekeliling kaleng sambil diberi lem supaya lilitan kain perca bisa menempel pada kaleng dan tidak terlepas.



Foto diatas adalah kaleng yang sudah selesai dilapisi dengan kain perca dan sudah bisa digunakan sebagai tempat pensil. Tetapi jika ingin tempat pensilnya terlihat lebih menarik maka kaleng itu harus diberi hiasan terlebih dahulu.

Saya menggunakan dua buah gelang tangan untuk menghias kaleng ini. Caranya mudah, kaleng yang sudah dilapisi dengan kain perca langsung saja dimasukkan ke dalam gelang. Lalu supaya gelang-gelangnya tidak melorot ke bawah maka gelangnya perlu diberi lem supaya gelang bisa menempel ke kaleng. Untuk itu sebaiknya menggunakan lem double tape supaya mudah dilepaskan jika sewaktu-waktu gelang akan dipakai lagi. 

Setelah kaleng dihias maka hasil akhirnya seperti yang terlihat pada foto di bawah ini :


Nah! Mudah sekali kan membuatnya? Silakan dicoba mempraktekkannya dan gunakanlah daya kreatifitas anda untuk menghias kaleng agar terlihat menarik. Jadikan contoh pada tutorial ini hanya sebagai sumber inspirasi saja, dan selanjutnya anda berkreasi sendiri sesuai dengan daya kreatifitas dan imajinasi anda. Manfaatkanlah benda-benda yang ada di sekitar anda untuk menghias kaleng. Jadi tidak harus dengan menggunakan gelang untuk menghias kaleng. Anda bebas mencari alternatif lain sebagai pengganti gelang. 

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang relevan dan bukan komentar spam :)