Thursday, November 12, 2015

Kue Apem Nasi


Kue apem ini sesuai dengan namanya 'Kue Apem Nasi' memang menggunakan  nasi sebagai salah satu bahan pembuatnya. Tetapi tentu saja menggunakan nasi yang baru matang, jadi bukan menggunakan nasi sisa ya... karena di rumah saya selalu memasak nasi dengan takaran yang pas sehingga tidak pernah ada kelebihan nasi. 
Tentu yang menjadi pertanyaan adalah mengapa menggunakan nasi sebagai salah satu bahan pembuat kue apem? Jawabannya adalah karena nasi bisa menggantikan tepung beras dalam pembuatan kue apem ini. Biasanya kue apem menggunakan tepung beras pada resepnya, tetapi jika tidak ada tepung beras maka bisa juga menggunakan nasi karena nasi juga sama-sama terbuat dari beras. Jadi, nasinya dihaluskan terlebih dahulu, bisa dengan cara diblender atau bisa juga dengan cara diulek seperti mengulek sambal. Setelah nasinya halus lalu dicampur dengan tepung terigu, gula pasir, ragi instant 'Fermipan', santan bubuk atau santan cair juga boleh, dan tambahkan pasta pandan secukupnya. Lalu tuangi air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata. Setelah itu tutup dengan serbet lembab dan biarkan selama kira-kira 40 menit. Setelah 40 menit, adonan dituang ke dalam cetakan yang telah diolesi dengan margarin atau minyak goreng. Lalu masukkan cetakan ke dalam kukusan dan kukus selama 25 menit atau hingga matang. Sebelumnya kukusan harus sudah dipanaskan terlebih dahulu dan tutup kukusan sebaiknya dilapisi dengan serbet untuk mencegah agar uap air tidak menetes ke atas adonan. 
Nah! Karena kue apem ini cuma hasil coba-coba ala kadarnya, jadi tidak ada perincian resepnya yaaa.... Sebab ketika saya mencampur bahan-bahannya pun tidak diukur dengan menggunakan alat timbangan tetapi hanya sekedar dikira-kira saja. Yang penting jumlah airnya jangan kebanyakan supaya adonan tidak menjadi terlalu encer. Adonan harus cukup kental tetapi tidak terlalu kental. Ini memang butuh pengalaman, tapi bagi anda yang sudah biasa membuat kue pasti bisa memperkirakan seberapa kentalnya adonan. 
Kue Apem Nasi ini adalah percobaan saya yang ketiga kalinya dan di percobaan ketiga inilah yang hasilnya cukup memuaskan. Teksturnya lembut dan rasanya juga enak, mungkin karena saya menggunakan santan dalam adonannya. 
Nah! Jika anda ingin mencoba membuat kue apem nasi, resepnya sudah banyak bertebaran di internet, tinggal dicari saja :) 

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang relevan dan bukan komentar spam :)