Thursday, January 19, 2017

Pastel Goreng Alakadarnya



 Disebut pastel goreng alakadarnya karena memang dibuat dengan bahan-bahan seadanya saja. Maklumlah ini baru percobaan pertama saya dalam membuat pastel. Sebenarnya agak malas membuat adonan kulit pastel dan membentuknya menjadi pastel, makanya saya menunda-nunda keinginan untuk membuat pastel. Tetapi karena kebetulan di rumah saya ada bihun, tepung terigu, minyak goreng, dan kentang lalu saya coba-coba membuat pastel goreng. Resep untuk membuat pastel goreng sangat banyak sekali di internet, sampai bingung mau pakai resep yang mana. Tetapi setelah saya baca-baca resepnya dan saya banding-bandingkan resep yang satu dengan yang lainnya, lalu saya simpulkan bahwa bahan utama untuk membuat kulit pastel sebenarnya cuma tepung terigu, air, garam secukupnya, dan margarin (bisa dicampur atau diganti dengan minyak goreng). Ada juga yang menambahkan telur ke dalam adonan kulit pastel supaya rasanya menjadi lebih enak. Takaran bahan pembuat kulit pastel memang berbeda-beda antara resep yang satu dengan yang lainnya, tetapi setelah saya pelajari ternyata yang terpenting adalah adonannya harus diuleni sampai kalis (tidak lengket di tangan). Sedangkan bahan untuk membuat isian pastel bisa terdiri dari apa saja sesuai selera pembuatnya. Namun umumnya pastel berisi bihun dan ragout. Setelah saya memahami inti dari resep-resep yang saya baca di internet lalu saya mencoba mempraktekkan cara membuat kulit pastel dengan takaran bahan suka-suka saya saja yang artinya saya tidak menuruti takaran yang tercantum di resep. Saya menggunakan lima sendok makan munjung tepung terigu, garam secukupnya, minyak goreng, dan air matang secukupnya juga . Secukupnya itu seberapa? Ya dikira-kira saja yang penting sampai adonannya bisa kalis alias tidak lengket lagi di tangan. Jadi menuang air dan minyak gorengnya harus sedikit-sedikit sambil terus diuleni hingga kalis. Kalau adonan sudah kalis, lalu ambil sedikit adonan dan ditipiskan (digiling), kemudian dicetak pakai cetakan bundar atau bisa juga pakai mangkuk kecil. Taruh bahan isian pastel di tengah kulit pastel, lalu lipat kulit pastelnya dan rekatkan pinggiran kulit pastel dengan cara ditekan-tekan pakai jempol dan jari telunjuk. Kemudian pinggiran kulit pastel dipelintir-pelintir supaya membentuk lipitan-lipitan yang menjadi ciri khas pastel goreng. Setelah itu pastel digoreng dengan api sedang hingga kulit pastel berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Cuma begitu saja ternyata membuat pastel goreng, awalnya saya kira sulit tapi ternyata ya memang sulit terutama saat menipiskan adonannya tapi untung berhasil juga saya membuat pastel goreng. Penampilan kulit pastelnya memang masih belum rapi tetapi yang terpenting pastelnya jadi, bisa dimakan, dan enak pula rasanya. Tetapi memang ribet membuat pastel goreng, sekitar empat jam saya membuat pastel goreng dari membuat bahan isian pastel, membuat kulit pastel, membentuknya menjadi pastel hingga menggoreng pastelnya. 

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang relevan dan bukan komentar spam :)