Saturday, January 28, 2017

Tempat Handphone Dari Benang Katun

Kebetulan saya punya benang katun sisa dari membuat tas serut beberapa waktu yang lalu. Daripada benang sisa itu disimpan saja lalu saya coba memanfaatkan benang itu untuk membuat gantungan kunci mini dress.  Lalu hari ini saya iseng-iseng membuat sebuah tempat hp (handphone/hape/telepon seluler) dengan menggunakan benang katun sisa tadi, makanya warna tempat hp ini sama dengan warna tas serut yang saya buat sebelumnya karena benangnya memang sama sih....
Untuk membuat tempat hp ini saya menggunakan tusuk tunggal (single crochet / sc) dan tusuk ganda (double crochet / dc) berselang-seling (sc dc sc dc) dan seterusnya sampai selesai sebaris. Pada baris berikutnya dimulai dengan dc sc dc sc dan seterusnya. Tidak sulit sih motif ini tetapi memang membutuhkan konsentrasi tinggi supaya selang-seling sc dc dan seterusnya itu bisa rapi dan tidak ngaco urutan selang-selingnya itu.
Jadi saya buat dulu selembar rajutan dengan motif sc dc  seperti yang sudah saya jelaskan diatas, setelah jadi selembar lalu lembaran rajutan itu dilipat dua persis di tengah-tengahnya. Kemudian pinggirannya disatukan dengan menggunakan tusuk tunggal (sc).  Yang disatukan cukup pinggir kiri dan kanannya saja, bagian atasnya jangan disatukan sebab bagian atasnya itu untuk memasukkan dan mengeluarkan hp. Setelah pinggirannya disatukan maka jadilah tempat hp ini, tapi masih ada bagian yang kurang yaitu bagian penutupnya. Supaya praktis saya pakai pengancing kait saja. Jadi saya buat dulu tusuk rantai (chain stitch / ch) secukupnya, lalu setelah jadi rantainya dilipat dua persis di tengahnya, lalu dijahit ke salah satu sisi tempat hp (sisi yang menjadi bagian belakang tempat hp), sedangkan bagian depannya saya pasang sebuah kancing bundar. Jadi nanti pengait yang dibuat dari tusuk rantai itu tinggal dikaitkan saja ke kancing bundar itu. Begitulah yang dimaksud dengan kancing kait yaitu kancing yang cara pakainya dengan mengaitkannya ke sesuatu (dalam hal ini dikaitkannya ke kancing bundar). O ya, tempat hp ini juga dilapisi dengan kain furing supaya lebih rapi dan kuat.

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang relevan dan bukan komentar spam :)